Visi, Misi dan Tujuan

Visi:

Visi Program Studi Teknik Geofisika yaitu

“Menjadi PS bertaraf internasional dalam bidang pendidikan, penelitian, dan implementasinya dengan arah pengembangan menuju enterpreneurial program studi khususnya di bidang Geofisika Eksplorasi, Monitoring, dan Kebencanaan.”

Misi:

Misi umum Program Studi Teknik Geofisika yaitu:

1)    Membangkitkan kekuatan moral dan kesadaran tentang keberadaan penciptaan alam oleh Tuhan Yang Maha Esa melalui pembelajaran ilmu Geofisika dan Terapannya.

2)    Menyelenggarakan pendidikan S1 Geofisika yang berkualitas internasional dan relevan dengan kebutuhan masyarakat pengguna.

3)    Menyelenggarakan riset yang mendukung terwujudnya Program Studi Teknik Geofisika sebagai centre of excellent dalam bidang Geofisika.

4)    Menyelenggarakan pengabdian kepada masyarakat berdasarkan hasil pendidikan dan penelitian yang telah dilakukan.

5)    Berperan aktif dan bersinergi dengan bidang ilmu kebumian lain yang terkait.

6)    Berkontribusi dalam upaya meningkatkan ilmu geofisika, baik secara metodis maupun substantif.

Tujuan: Program Studi Teknik Geofisika Jurusan Fisika FMIPA UB bertujuan untuk menghasilkan sarjana fisika dengan kompetensi Teknik Geofisika yang kuat.  Berdasarkan tujuan tersebut maka lulusan Teknik Geofisika diharapkan bermanfaat untuk:

1)    Menghasilkan lulusan sarjana Teknik Geofisika yang berkualifikasi:

a.    Berjiwa Pancasila dan memiliki integritas kepribadian Indonesia yang tinggi.

b.    Menguasai konsep-konsep ilmiah ilmu Geofisika dan mampu menerapkannya untuk menyelesaikan berbagai permasalahan, khususnya di bidang Geofisika Eksplorasi, Monitoring, dan Kebencanaan secara prosedural.

c.    Mampu  mengaplikasikan dan memanfaatkan Ipteks pada bidang Geofisika dan terapannya dalam penyelesaian masalah, serta mampu beradaptasi secara professional terhadap situasi yang dihadapi.

d.    Bertanggung jawab pada pekerjaan sendiri dan dapat diberi tanggung jawab atas pencapaian hasil kerja organisasi.

e.    Mampu mengikuti perkembangan ilmu pengetahuan dan ketrampilan khususnya dalam bidang Geofisika Eksplorasi, Monitoring, dan Kebencanaan.

f.    Bersifat terbuka, tanggap terhadap perubahan dan kemajuan ilmu pengetahuan dan teknologi serta dinamika perubahan sosial dan kemasyarakatan, khususnya yang berkaitan dengan bidang ilmu Geofisika.

2)    Mengembangkan sains dan teknologi berdasarkan konsep ilmu Geofisika, untuk menghasilkan karya penelitian yang bermutu,  yang  dipublikasikan secara ilmiah dan bermanfaat bagi masyarakat, khususnya dalam bidang Geofisika Eksplorasi, Monitoring, dan Kebencanaan.

Leave a Reply