

Tata Usaha (TU) Jurusan Fisika Universitas Brawijaya Malang, berusaha memberikan pelayanan sebaik dan semaksimal mungkin dalam melayani segala kebutuhan belajar Mahasiswa. Teknis dari pelayanan tersebut secara umum telah disusun dalam suatu bentuk Prosedur Layanan, yang mana dipublikasikan dalam bentuk pengumuman maupun poster, dan ditempel dimading atau di sekitar area Jurusan Fisika Universitas Brawijaya.
Selain itu, dalam upaya untuk mempercepat proses layanan permintaan surat-menyurat atau dokumentasi, di bawah ini terdapat terdapat beberapa form dokumen dan surat-surat, yang dapat didownload dan diisi oleh Mahasiswa sendiri. Sehingga diharapkan setelah mengisi form tersebut, Mahasiswa hanya perlu meminta legalisasi* dari pihak jurusan, seperti untuk penomoran surat, tanda tangan Kajur atau Sekjur, stempel dan lain sebagainya:
Umum
Dokumen | Ukuran Kertas | Rangkap |
Surat Keterangan Mahasiswa | Folio, 70 g | Menyesuaikan** |
Surat Pembatalan Kuliah | Folio, 70 g | Menyesuaikan |
Kuliah Kerja Lapang (KKL)
Dokumen | Ukuran Kertas | Rangkap |
Surat Pengantar KKL | Folio, 70 g | 3 |
Nilai KKL | Folio, 70 g | 2 |
Dokumen tambahan yang perlu dilampirkan saat permohonan surat pengantar KKL antara lain:
– Transkrip Nilai (dapat diambil di bagian Akademik MIPA)
– Fotokopi KRS dan KHS terakhir
Pengajuan Proposal Penelitian Tugas Akhir (TA)
Dokumen | Ukuran Kertas | Rangkap |
Kesediaan Calon Dosen Pembimbing | A5. 70 g | 3 |
Penetapan Pembimbing | A5. 70 g | 4 |
Pendaftaran Seminar Proposal | A5. 70 g | 1 |
Kesediaan Waktu Ujian Proposal | A5. 70 g | 1 |
Undangan Seminar Proposal | A5. 70 g | 1 |
Formulir Penilaian Proposal | A5. 70 g | 1 |
Berita Acara Ujian Proposal | A5. 70 g | 1 |
Penelitian Tugas Akhir (TA)
Dokumen | Ukuran Kertas | Rangkap |
Surat Izin Penelitian TA | Folio. 70 g | 3 |
Pengajuan Pembimbing dan Judul | A5. 70 g | 1 |
Kesediaan Pembimbing | A5. 70 g | 1 |
Pengajuan Pelaksanaan TA | A5. 70 g | 1 |
Perpanjangan Pelaksanaan TA | A5. 70 g | 1 |
Pergantian Judul | A5. 70 g | 1 |
Seminar Tugas Akhir (TA)
Tahap I
Dokumen | Ukuran Kertas | Rangkap |
Persetujuan Pelaksanaan Seminar | A5, 70 g | 1 |
Penguji dan Syarat Seminar | A5, 70 g | 1 |
Setelah mendapatkan penguji dari pihak Jurusan, selanjutnya mahasiswa mengisi dan mencetak dokumen Tahap II berikut ini :
Tahap II
Dokumen | Ukuran Kertas | Rangkap |
Undangan SEMHAS | A5, 70 g | 3 |
Daftar Hadir | A5, 70 g | 1 |
Penilaian Pelaksanaan TA | A5, 70 g | 2 |
Penilaiaan Naskah TA | A5, 70 g | 3 |
Penilaian Seminar TA | A5, 70 g | 3 |
Revisi Naskah TA | A5, 70 g | 3 |
Pernyataan Seminar | A5, 70 g | 1 |
Pernyataan Pemeriksaan Naskah | A5, 70 g | 3 |
Revisi TA | A5, 70 g | 1 |
Dokumen Tahap I dicetak dan diserahkan ke pihak TU terlebih dahulu bersama naskah seminar hasil (3 rekap naskah TA). Kemudian setelah mendapatkan nama-nama Tim penguji, baru dokumen Tahap II berikutnya diisi dan dicetak berdasarkan susunan Tim Penguji dari pihak TU tersebut. Selanjutnya dokumen dari Tahap I, bersama-sama dikumpulkan kembali dengan dokumen dari Tahap II, dan syarat-syarat kelengkapan seminar TA yang lainnya.
Ujian Tugas Akhir (TA)
Dokumen | Ukuran Kertas | Rangkap |
Undangan Ujian TA | A5, 70 g | 3 |
Daftar Hadir Ujian TA | A5, 70 g | 1 |
Penilaian Ujian TA | A5, 70 g | 3 |
Berita Acara TA | A5, 70 g | 4 |
Keterangan Tambahan:
*alur legalisasi dari pihak jurusan, untuk dokumen-dokumen diatas, sesuai dengan yang ditunjukkan gambar dibawah.
**menyesuaikan dengan kebutuhan yang diperlukan, terutama sesuaikan dengan jumlah tembusan