beritaGeofisikaIMGF UB

ShortCourse – Aplication 3G For Geothermal Explorations and Depelovements

sc-pertamina

 

Malang, 16 September 2016 – Ir. Eben E. Siahaan (Vice President PT. Pertamina Geothermal Energy) mengisi acara ShortCourse tentang “Aplication 3G( Geology, Geochemistry, Geophysics) For Geothermal Explorations and Depelovements” di Ruangan Mipa Center. Pelaksanaan dilakukan oleh IMGF UB SM-IAGI SC.

Ilustrasi Sistem Energi panas bumi di ibaratkan dengan ceret yang di panaskan batuan panas dengan suhu 400-5000C  Pada bumi di asumsikan sebagai kompor  atau pemanas. Kemudian reservoir di ibaratkan seperti ceret dimana air bawah tanah dengan suhu 230-3300C dan menghasilkan uap, dimana uap ini atau energy panas ini yang digunakan untuk memutar turbin. Sehingga di dapatkan listrik yang nantinya dalam geothermal reservoir terdapat 5 komponen utama diantaranya yaitu sumber panas, permeabilitas, batuan reservoir, batuan penundung dan fluida dalam geothermal exploration dilakukan surface exploration yaitu dengan memperhatikan fluid geochemistry, geological mapping yang terdiri dari volcanic history, tectonic structures dan geothermal exploration dengan menggambarkan prospek geothermal dibawah permukaan berdasarkan kondisi fisik dari batuan dengan metode resistivity, magnetotelluric, Gravity dan magnetic. Sehingga nanti di dapatkan heat source.

Daerah Potensi Geothermal di Indonesia berada berdekatan dengan kawasan konservasi.

Eksplorasi dan Pengembangan Prospek Geothermal, terdiri dari exploration yaitu reconnaissance, ggg mapping, conceptual model kemudian dilanjutkan dengan Exploration drilling, Pre- Fs, welltest dan feasibility report. Kemudian terdapat exploitasi yaitu depelovement drilling dan well testing kemudian Production dan ulitisatoio yaitu Epcc dan on. Untuk eksplorasi dibutuhkan waktu  2tahun, untuk pengembangan 3-5 tahun, dan untuk komersialnya 25-30 tahun.

Pengembangan Prospek Geothermal Oleh Pertamina Geothermal Energy. Panas yang di dapatkan digunakan untuk memutar turbin dan disimpan pada generator kemudian air yang sisa dialirkan kebawah lagi, listrik yang terkumpul akan dialirkan nanti biasanya digunakan dengan beberapa turbin.

Pemanfaatan Energy Geothermal : Proses kegiatan proyek PT PGE

  1. Exploration Survey
  2. Conceptual Model
  3. Exploration and Development drilling
  4. Engineering Procurement and Constroction Contract
  5. Product

Wilayah Kerja dan Operasi PT Pertamina Geothermal Energy

  1. Area Produksi : Kamojang, Lahendong, Sibayak, Ulubelu.
  2. Area Project : Ulubelu, Hululais, Sungai Penuh dll.
  3. Area Eksplorasi : Margabayur, Bukit Daun, Masiigit Guntur, sumurup.
  4. WKP : Bekerjasama dengan UBD Hulu untuk memilih dan mendapatkan Survei penugasan / wkp baru

Potensi Geothermal di Jawa Timur

  • Iyang Argopuro
  • Arjuno Welirang
  • Wilis
  • Gunung Lawu

 

Represented by IMGF UB SM-IAGI SC.

Leave a Reply