ActivitiesGeofisikaIMGF UB

ShortCourse – Geological Petrophysics Gas and Oil for Underground Explorations

Malang, 17 September 2016 –  Elok Galih (Chief Indonesian Student Section Division of IAGI at FGMI) mengisi acara ShortCourse tentang “Geological Petrophysics Gas and Oil for Underground Explorations” di Gedung MIPA UB.

Sebelum mempelajari log lebih kompleks, perlu diketahui alasan mengapa kita perlu melakukan log seperti mengetahui lokasi reservoir, mengetahui tipe dan volume hidrokarbon, mengetahui tipe fluida seperti apa yang mengalir, dan mengoptimalisasikan konstruksi well dan produksi reservoir.

Log juga berkaitan dengan Petrofisik yaitu Ilmu yang bertujuan untuk mencari tahu property batuan(porositas, permeabilitas, litologi), properti fluida(saturasi dan kontak), juga informasi mengenai produksi. Petrofisik berkaitan erat dengan geologi minyak bumi terutama petroleum system jika di fokuskan pada pencarian minyak dan gas bumi.

Dalam melakukan logging pada suatu sumur di perlukan langkah-langkah hingga akhirnya didapatkan data log. Data log yang di dapat bermacam-macam seperti gamma ray, neutron, porosity, density, caliper, dan sebagainya. Well juga memiliki jenis dan tidak selalu sama untuk di sesuaikan dengan kondisi pada lapangan. Jenis dari well sendiri yaitu vertikal, horizontal, dan well yang memiliki sudut deviasi.

Proses petrofisik dapat dilakukan dengan beberapa cara seperti quickin, determin, multimin, laminated shaly sand analisis, cor Eval, NMR, Full wave form sonk, dan russlan logs

 

Represented by IMGF UB –

Leave a Reply