GeofisikaUncategorized

Geofisika UB Juara I Kompetisi SAGA MEGATHRUST 2014

Semarang, 20 September 2014 kemarin, dua orang mahasiswa fisika, yaitu Yoel Marthen dan Rika Mayasyafa, berkesempatan menjadi Juara I Kompetisi SAGA MEGATHRUST 2014, yang diadakan oleh Himpunan Mahasiswa Teknik Geologi MAGMADIPA, Fakultas Tehnik, Universitas Diponegoro. Kedua mahasiswa tersebut memenangkan kompetisi dengan membawa ide inovasi mereka yang berjudul “GAGANA sebagai Solusi Penanggulangan Bencana Berbasis Masyarakat”.

poster3

Selain Geofisika UB, 5 besar peserta SAGA Megathrust 2014 yang terpilih adalah dari Geologi UNDIP, Fisika UNDIP, ITN Malang, dan UGM. Proses seleksi berupa presentasi oral proposal ide kurang lebih selama 15 menit dan tanya jawab selama 5 menit. Presentasi dilaksanankan per Tim, di depan juri dan peserta yang lain, dan juga teman-teman peserta Olimpiade Geologi MAGMADIPA 2014 Tingkat SMA Sederajat se-Jawa dan Bali, dengan dewan juri yang berasal dari pihak BATAN dan LIPI.

IMG_6833

SAGA MEGATHRUST 2014 adalah salah satu wadah bagi generasi muda Indonesia, khususnya mahasiswa bidang minat geofisika untuk menuangkan ide dan inovasinya dalam bentuk proposal dan poster, yang berupa solusi atau gagasan untuk mengatasi masalah mitigasi bencana di Indonesia, sehingga Indonesia mampu menjadi negara yang maju dan tanggap bencana. Hal ini terutama dilatar-belakangi oleh letak kepulauan Indonesia yang berpotensi untuk terjadinya bencana-bencana alam, seperti gempa bumi, tanah longsor, gunung meletus, dan banjir. Dengan adanya event ini diharapkan dapat menekan, mengurangi kerugian material serta jatuhnya korban jiwa, dan juga memperkirakan waktu terjadinya atau deteksi dini keberadaan suatu bencana geologi, melalui ide, gagasan, dan teknologi terapan hasil buah karya generasi muda.

IMG_6809 Untuk informasi lebih lanjut mengenai SAGA MEGATHRUST 2014 dapat dibaca di http://sagaundip.wordpress.com/, dan dengan harapan “Semoga penerusnya dapat lebih baik, dan semangat” kata Rika.

Leave a Reply