Alumni

Di tingkat Universitas, untuk memberikan layanan kepada mahasiswa dan alumni, sejak tahun 2009 UB mendirikan Career Center (Pusat Karir) yang diberi nama Job Placement Center (JPC) yang didirikan berdasarkan SK Rektor nomor: 184A/SK/2009 tentang Pembentukan Panitia Penguatan Organisasi dan Kinerja Job Placement Center, kemudian diperbaharui menjadi nomor: 199/SK/2013 tentang Organisasi Job Placement Center dan Tracer Study Universitas Brawijaya yang memiliki tugas utama memberikan pelayanan kepada mahasiswa dan alumni mengenai, penyebaran informasi kerja, penyelenggaraan bursa kerja secara berkala, perencanaan karir, pelatihan melamar kerja dan layanan penempatan kerja. Saat ini JPC UB memiliki mitra lebih dari 650 perusahaan/ instansi yang secara rutin memberikan informasi lowongan kerja kepada alumni UB. Selanjutnya dilakukan monitoring dan evaluasi untuk menilai efektifitas proses pelacakan lulusan. Monitoring dan evaluasi dilakukan dengan focus group discussion (FGD) untuk menilai efektifitas perencanaan dan pelaksanaan studi pelacakan alumni. Selanjutnya, hasil monitoring dan evaluasi ditindaklanjuti untuk mencapai sasaran yang ditetapkan.

Ditingkat Fakultas MIPA UB, pelacakan lulusan dilakukan setiap tahun. Evaluasi hasil pelacakan lulusan ini digunakan untuk evaluasi / analisis kebijakan akademik termasuk restrukturisasi program studi dan kurikulum. Secara terus menerus, Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam UB juga menjalin kemitraan dengan departemen, organisasi profesi dan masyarakat luas untuk memberikan layanan bimbingan karir dan informasi kerja bagi mahasiswa dan lulusan (ditambah grafik pertahun).

Selain itu, kegiatan studi pelacakan (tracer study) sudah dilakukan secara periodik oleh jurusan Fisika UB termasuk di dalamnya Prodi S1 Teknik Geofisika terhadap alumninya. Hal tersebut bertujuan untuk mendapatkan hasil evaluasi kinerja lulusan oleh pihak pengguna. Pelacakan lulusan dilakukan dengan dua cara yaitu dengan metode online menggunakan fasilitas di google dan  mengirimkan formulir quesioner tracerstudy kepada stakeholder (institusi pengguna lulusan) dimana alumni bekerja. Quesioner meliputi parameter-parameter Intergritas (etika dan moral), keahlian dibidang ilmu (profesionalisme), keluasan wawasan antar disiplin ilmu, kepemimpinan, kerjasama dalam tim, penguasaan bahasa asing, kemampuan komunikasi, penggunaan teknologi dan pengembangan diri.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *