Learning Outcome dan Kompetensi

Peranan Ilmu Geofisika sebagai alat (tools) bagi ilmu kebumian (geologi) maupun ilmu teknik yang lain menduduki posisi yang sangat penting.  Hal ini disebabkan penerapan teknologi pengeboran langsung dalam rangka untuk mengetahui informasi bawah permukaan bumi sangat mahal dan bahkan dalam kondisi tertentu menjadi tidak mungkin. Pengetahuan tentang informasi bumi bawah permukaan dari kulit bumi (crust) – mantel (mantle) – inti luar (outer core) – mupun inti dalam (inner core) yang mempunyai kedalaman 6371km yang mustahil bisa diperoleh melalui pengeboran langsung, namun dapat diperoleh dengan penerapan ilmu Geofisika.  Demikian juga eksplorasi potensi sumberdaya alam bawah permukaan yang berupa berbagai jenis batuan, mineral, energi minyak dan gas bumi, energi geothermal maupun kondisi bawah permukaan yang terkait dengan tektonika, stratigrafi, morfologi, bencana geologi (longsor, amblesan, maupun sesar), maupun dinamika kebumian merupakan bidang kajian ilmu Geofisika yang sampai kapanpun perlu untuk dikembangkan dalam rangka optimalisasi pemanfaatan, pengelolaan keseimbangan, dan kelestariannya.

Mahasiswa Program Studi Geofisika sebagai generasi penentu perkembangan ilmu Geofisika harus mempunyai ilmu pengetahuan (knowledge) dan keterampilan (skills) yang memadai untuk dapat melakukan penerapan maupun pengembangan terhadap bidang keilmuan. Penguasaan terhadap ilmu dasar (basic sciences) yang meliputi mekanika, panas dan radioaktifitas, bunyi, kelistrikan, elektromagnatik, matematika, maupun geokimia menjadi pijakan dasar untuk pengembangan ilmu Geofisika. Ketersediaan peralatan gravity meter, seismik, magnetik, potensial diri, polarisasi terimbas, resistivitas, elektromagnetik, Ground Penetrating Radar, dan peralatan survai Geofisika lainnya menjadi pembentuk keterampilan (skills) dibidang akuisisi data, data processing, dan interpretasi bagi mahasiswa Geofisika untuk dapat mengetahui berbagai informasi tentang kondisi bawah permukaan bumi.

Penguasaan ilmu pengetahuai (knowledge) dan keterampilan (skills) menjadi modal bagi mahasiswa dan lulusan program studi Geofisika untuk tanggap dan berperan serta secara aktif dalam memberikan solusi terhadap berbagai tantangan dan permasalahan yang dihadapi masyarakat, bangsa dan negara baik dibidang sumberdaya energi, tambang mineral, geoteknik, mitigasi bencan, maupun permasalahan lainnya yang dari waktu ke waktu senantiasa berkembang dan muncul dalam kehidupan sehari- hari.

Selain penguasaan ilmu pengetahuan dan keterampilan yang menjadi basis untuk berkontribusi dalam berbagai aspek kehidupan, pembentukan karakter (character building) untuk membentuk generasi yang tangguh dalam aspek kepribadian juga harus dilakukan. Lulusan harus memiliki Iman dan Taqwa (IMTAQ)  yang pada akhirnya tercermin dalam kehidupan sehari-hari maupun berinteraksi dengan jaringan pada sikap jujur, bertanggug jawab, menghargai pendapat orang lain, menghargai karya orang lain, mampu bekerja sama dan dapat menempatkan dirinya dalam pergaulan masyarakat.

Mengacu pada SK Menteri Pendidikan Nasional No 045/U/2002 tentang kurikulum inti perguruan tinggi, yaitu bahwa kompetensi hasil didik suatu program studi terdiri atas: kompetensi utama, kompetensi pendukung, dan kompetensi lain yang bersifat khusus dan gayut dengan kompetensi utama serta  Peraturan Presiden Nomor 8 Tahun 2012 tentang KERANGKA KUALIFIKASI NASIONAL INDONESIA (KKNI), kompetensi lulusan Program Studi S1 Geofisika Jurusan Fisika FMIPA Universitas Brawijaya ditetapkan sebagai berikut:

Kompetensi Utama:

U.1.   Menguasai ilmu dasar terutama fisika, matematika, dan kimia, untuk menjelaskan berbagai permasalahan terkait kebumian serta mampu melakukan analisis, interpretasi, dan menyelesaikan permasalahan yang ada dengan mengaplikasikan keahlian geofisika sesuai bidang minatan.

U.2.   Mampu menerapkan metode geofisika (seismik, gravitasi, magnetik, kelistrikan, elektromagnetik, panas dan radiokatifitas bumi, dll.) dalam berbagai bidang permasalahan sesuai minatan yaitu: eksplorasi mineral dan batubara, eksplorasi air (bawah) tanah, eksplorasi minyak dan gas bumi, eksplorasi geothermal, geoteknik dan lingkungan, kegunungapian, gempabumi dan tektonik, mitigasi bencana geologi serta bidang lain yang senantiasa berkembang dari waktu ke waktu.

U.3.   Mampu melakukan rancangbangun dan aktifitas survai geofisika secara utuh (desain, akuisisi data, data processing, interpretasi, dan pelaporan) untuk solusi suatu permasalahan baik secara mandiri maupun tim.

U.4.   Memiliki kemampuan mengembangkan keahlian baik dari aspek teori, peralatan, metode, pengolahan, maupun interpretasi berbagai metode geofisika dan/atau mengembangkan diri untuk studi lanjut ke jenjang magister.

Kompetensi Pendukung:

P.1.   Mempunyai akhlaq yang mulia, mempunyai wawasan kebangsaan yang  baik serta memiliki kepedulian terhadap berbagai persoalan di masyarakat baik secara nasional maupun global serta memiliki kemauan untuk berkontribusi secara aktif dalam memberikan penyelesaian terhadap permasalahan yang ada.

P.2.   Mempunyai ketrampilan dalam berkomunikasi secara lesan maupun tulisan menggunakan bahasa nasional dan atau internasional yang baik dan benar, serta mempunyai ketrampilam dalam menggunakan dan memanfaatkan teknologi informasi untuk mendukung penyelesaian permasalahan yang timbul di bidang Geofisika dengan sikap jujur dan bertanggung jawab.

Kompetensi Khusus:

K.1.   Mampu memutuskan suatu tindakan berdasarkan data-data yang ada dengan mengimplementasikan ilmu geofisika sesuai bidang minatan, yaitu: eksplorasi mineral dan batubara, eksplorasi air (bawah) tanah, eksplorasi minyak dan gas bumi, eksplorasi geothermal, geoteknik dan lingkungan, kegunungapian, gempabumi dan tektonik, mitigasi bencana geologi serta bidang lain yang senantiasa berkembang dari waktu ke waktu.

K.2.   Mempunyai kemandirian dan jiwa wirausaha dalam bidang geofisika dan bidang lain yang relevan.

K.3.   Mampu mengembangkan diri secara individu maupun dalam kelompok kerja (team work)

K.4.     Mampu memimpin kelompok kerja sesuai dengan bidang keahliannya serta bertanggung jawab dalam pencapaian hasil kerja kelompok dalam bidang Geofisika.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *